Featured

SMART dan ETF Dukung Pembangunan Kampus Paramadina


PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk bersama Eka Tjipta Foundation memberikan dukungan pembangunan gedung baru Universitas Paramadina yang diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman di Taman Peradaban, Universitas Paramadina, Jakarta.

Hadir Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Wakil Direktur Utama PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk Budi Wijana, dan Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF) G Sulistiyanto beserta perwakilan civitas akademika lainnya.

Anies mengatakan, “Idealisme para pendiri dan kepercayaan pada institusi ini menjadi pembuka jalan untuk terwujudnya berbagai kerja sama. Kebesaran hati PT SMART Tbk dan ETF membuka kesempatan bagi kita untuk bersama-sama memadu potensi dan kekuatan yang dimiliki. Kesungguhan kerja sama ini Insya Allah menjadi dorongan besar bagi terwujudnya pusat budaya dan peradaban yang mampu menularkan nilai-nilai positif bagi bangsa dan negara.”

Nota kesepahaman ini tidak saja memberikan Paramadina kesempatan untuk melakukan pengembangan kurikulum serta proses pendidikan di kampus baru mereka nantinya, tetapi juga membuka peluang bagi seluruh pihak yang hadir hari ini untuk membangun kerja sama lebih jauh di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan.

“Sumber daya manusia berkualitas adalah landasan terpenting bagi Indonesia guna membangun kemandirian ekonomi, sosial, dan lingkungan. Salah satu cara mendapatkannya adalah melalui optimalisasi pendidikan. Kami melihat adanya kesamaan semangat dengan Universitas Paramadina, yaitu sama-sama mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi, dan keberagaman. Hal ini yang meyakinkan kami jika sebuah kemitraan sejajar adalah sesuatu yang penting dan harus dirintis sejak sekarang,” ujar Sulistiyanto.

Sementara Budi Wijana menilai, penandatanganan hari ini menjadi awal berharga dari sebuah kemitraan strategis antara industri dan institusi pendidikan tinggi. “Secara jangka panjang kemitraan ini akan memberi kontribusi positif tidak saja bagi kami yang terkait langsung, utamanya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan, tetapi juga bagi upaya peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat luas,” ujarnya.

Paramadina selama ini bercita-cita menjadi pusat kebudayaan dan peradaban, serta perguruan tinggi universal bertaraf internasional yang mampu menghubungkan berbagai golongan, suatu peran yang strategis bagi bangsa Indonesia yang majemuk.

Salah satu upaya mewujudkan cita-cita tersebut adalah perencanaan pembangunan gedung baru. PT SMART sendiri sebagai industri perkebunan sawit terintegrasi terus mengupayakan penguatan aspek penelitian dan pengembangan, sementara ETF salah satu fokus utamanya selama ini adalah sektor pendidikan

ETF adalah organisasi nirlaba yang didirikan keluarga Eka Tjipta Widjaja sebagai wadah pelaksanaaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan bagi seluruh pilar usaha di bawah bendera Sinar Mas dalam rangka merespons isu pembangunan sosial kemasyarakatan.

Adapun Universitas Paramadina dirikan pada 10 Januari 1998 oleh Prof Dr Nurcholish Madjid (almarhum) dan rekan-rekannya dengan tujuan memperkenalkan konsep alternatif perguruan tinggi dengan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi riset dan kewirausahaan yang dijiwai etika keislaman.

Photos on flickr

Twitter

Facebook