Featured

Gathering Penerima Beasiswa ETF

Salah satu program terbaru dari Eka Tjipta Foundation (ETF) dalam menyambut tahun 2018 ini adalah Program Duta Sinar Mas. Program ini diluncurkan pada tanggal 8 Maret 2018 pada saat Gathering Penerima Beasiswa ETF di Surabaya.

Duta Sinar Mas adalah mahasiswa-mahasiswi penerima Beasiswa ETF yang sedang menjalankan pendidikan S1 yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Mereka adalah mahasiswa yang paling tidak sudah di semester 3 tetapi belum mencapai semester 6, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 3,2 dan merupakan sosok-sosok anak muda yang aktif mengikuti kegiatan di kampus maupun di luar kampus. Kriteria lainnya yang tidak kalah penting adalah mereka pengguna aktif sosial media terutama Instagram (Ig).

Tujuan utama dari Program Duta Sinar Mas adalah untuk memperkenalkan kepada dunia akademisi maupun lingkungan dimana Duta-duta ini beraktivitas bahwa ada sisi lain dari Sinar Mas yang mungkin belum banyak diketahui. Kegiatan-kegiatan Sinar Mas maupun ETF yang terkait dengan sosial, kemanusiaan, pendidikan dan kemitraan selama ini kurang dikumandangkan sehingga dianggap perlu untuk “disosialisasikan” kepada masyarakat melalui Duta-duta Sinar Mas ini. Selama ini banyak “atribut” yang kurang positif yang dilekatkan kepada Sinar Mas karena yang dilihat hanyalah sisi bisnis, sisi lainnya belum cukup diperkenalkan. Disinilah tugas para Duta Sinar Mas untuk mengimbangi informasi secara lebih baik dengan memperlihatkan sisi lainnya dari Sinar Mas.

Dipilihnya Penerima Beasiswa ETF yang menempuh pendidikan S1 adalah karena merekalah yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan dan mereka jua yang disebut sebagai generasi milenial, generasi yang jauh lebih kritis, memiliki informasi yang jauh lebih banyak karena adanya internet dan mempunyai kemampuan untuk “sharing” melalui berbagai media sosial.

Para Duta Sinar Mas ini akan dibekali dengan berbagai informasi mengenai Sinar Mas dan ETF serta diberikan kesempatan untuk magang ataupun training di pilar-pilar usaha Sinar Mas yang berada disekitar lokasi mereka kuliah. Mereka juga akan diikutsertakan dalam kegiatan sosial yang dilakukan Sinar Mas di daerah-daerah melalui Paguyuban Sinar Mas, contoh: Bazar Minyak Goreng dan Wakaf Al Qur’an.

Pada kesempatan-kesempatan tertentu para Duta Sinar Mas akan diberikan training di perusahaan-perusahaan yang menjalin kerja sama dengan ETF seperti Plug and Play Indonesia yang bergerak dalam “start-up” perusahaan baru atau mendengarkan para ahli di berbagai bidang seperti misalnya bagaimana membuat Personal Branding di Sosial Media.
Sebagai program yang baru saja diluncurkan maka tentu masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan, tetapi dengan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak (Duta Sinar Mas, ETF, President Office Sinar Mas, pilar-pilar usaha Sinar Mas) diharapkan Program ini bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat.