Berita

Mengarungi Era Digital Bersama Eka Tjipta Foundation

Eka Tjipta Foundation (ETF) menggelar Garthering 2018 untuk pertama kalinya di Surabaya, tanggal 8 Maret 2018 bertempat di Club House Notredame – Adventure Park, Bukit Wisata Mas 2 Surabaya.  Gathering yang mengambil tema “Mengarungi Era Digital” ini bertujuan untuk perkenalan dan juga silahturahmi antar sesama penerima beasiswa dan sekaligus perkenalan dengan unit usaha Sinar Mas yang ada di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.  Hadir dalam gathering ini semua penerima beasiswa ETF dan beberapa mahasiswa terpilih dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Brawijaya (Unbraw).

Dalam gathering ini juga tampil 2 nara sumber yang membagi pengetahuan dan informasi seputar dunia digital.  Nadia Mulya, seorang presenter, fasilitator public speaking & personal branding, dan penulis, sebagai nara sumber pertama mengawali presentasi  dengan judul : Personal Branding dan Media Sosial. Nadia menjelaskan apa itu personal branding dan bagaimana peran media sosial  dalam membangun personal branding.  “Pencitraan hanya akan behasil dan bermakna bila otentik dan konsisten.  Maka perlu selaras online dan offline.” ungkap Nadia sebelum mengakhiri presentasinya.

Nara sumber kedua : Wesley Harjono, sebagai President Director GK – Plug and Play, memberikan presentasi dengan judul : Tips menjadi Entrepreneurs di Era Digital. Wesley membocorkan sejumlah kriteria penilaian yang digunakan oleh GK-Plug and Play dalam mencari startup berkualitas.  “Bukan hanya business model saja yang dinilai, tapi juga karakter dari Founder startup tersebut. Business model bisa berubah, namun Founder lah yang menentukan apa startup itu bisa bertahan atau tidak,” tutur Wesley Harjono.

Kedua materi tersebut tentunya diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada para mahasiswa/mahasiswi, terutama dalam menghadapi dunia kerja atau industri nantinya.

Selain nara sumber hadir juga beberapa unit usaha Sinar Mas yang ada di Surabaya : Sinar Mas Land, PT Bank Sinarmas, Asuransi Sinar Mas, PT Sinarmas Sekuritas dan PT Smartfren Telecom Tbk. untuk memberikan informasi seputar perusahaan dan produk-produk mereka.  Hadir juga Sinar Mas Peduli-Tzu Chi, yang menginformasikan kegiatan-kegiatan sosial yang sudah dijalankan selama ini dan mengajak para mahasiswa/mahasiswi yang tertarik berpartisipasi atau menjadi relawan kegiatan.

Pada kesempatan ini ETF juga memilih 3 orang Duta Sinar Mas, dari semua penerima beasiswa ETF di ITS, Unair dan Unbraw yang masih aktif.  Duta Sinar Mas 2018 yang terpilih adalah : Alifiah Maulidina, jurusan Teknik Geofisika ITS; Eka Vera Dewi, jurusan Teknik Industri ITS; dan Sandy Editya Prakosa, jurusan Matematika ITS.  Duta Sinar Mas ini diharapkan akan menjadi perpanjangan tangan Sinar Mas dalam memperkenalkan kegiatan-kegiatan Sinar Mas yang terkait dengan sosial, kemanusiaan, pendidikan dan kemitraan di lingkungan sekitar mereka.  Duta Sinar Mas angkatan pertama : Faisal Irsyad turut memberikan pengarahan dan informasi singkat seputar kegiatan-kegiatan sebagai Duta Sinar Mas tersebut.

Gathering 2018 ini akan berlanjut ke beberapa kota lainnya seperti Bandung dan Jakarta dalam waktu dekat.  Informasi detil akan disampaikan lebih lanjut melalui website maupun media sosial ETF.