Pendidikan

Gathering ETF, Mengenal Lebih Dekat Tjiwi Kimia Mojokerto

Sebagai kelanjutan acara Gathering ETF 2018 yang dilaksanakan di Surabaya tanggal 8 Maret 2018 lalu, kali ini para penerima beasiswa Eka Tjipta Foundation (ETF) di Surabaya diajak untuk mengenal lebih dekat salah satu unit usaha Sinar Mas yang ada di Jawa Timur, yaitu : PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Mojokerto. Kunjungan ke pabrik Tjiwi Kimia tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 April 2018 dengan peserta 30 orang penerima beasiswa dan juga beberapa mahasiswa terpilih dari ITS dan Universitas Airlangga. Acara kunjungan dibuka oleh Bapak Landreas Lie selaku HR Head Tjiwi Kimia Mojokerto mewakili manajemen yang menyambut kedatangan semua peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Bapak Sugiyanto selaku Public Relation & CSR Manager, mengenai sejarah Tjiwi Kimia, produk-produk yang dihasilkan hingga kegiatan-kegiatan sosial yang sudah dijalankan selama ini. Hal ini tentunya semakin membuka mata para peserta akan kualitas produk-produk Tjiwi Kimia yang sudah banyak juga diekspor ke berbagai negara, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik.

Setelah mendengarkan penjelasan singkat mengenai Tjiwi Kimia, para peserta diajak berkeliling pabrik (mill tours) untuk melihat langsung proses pengolahan sampai produk dikemas dan siap dipasarkan. Lokasi antar pabrik yang terpisah-pisah, mulai dari paper, stationery sampai carton box tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk menyimak proses produksi di masing-masing pabrik tersebut. Beberapa peserta malah sempat mengabadikan karyawan pabrik yang sedang bekerja karena cukup terkesima dengan keahlian mereka melakukan packing dengan cepat dan tepat.

Acara kunjungan akhirnya ditutup dengan mengunjungi Rumah Pintar yang dikelola oleh Tjiwi Kimia, yang merupakan tempat berkumpul dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial untuk masyaratak sekitar pabrik. Di Rumah Pintar ini disediakan perpustakaan, pelatihan musik dan olah raga untuk anak-anak, pelatihan keterampilan anyaman untuk para ibu sehingga tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pabrik.