Berita

Merawat NKRI dan Memupuk Nasionalisme Bagi Penerima Beasiswa ETF 2018

Kepedulian Sinar Mas melalui Eka Tjipta Foundation (ETF) terhadap mutu pendidikan sudah dimulai dari 2006 dengan program pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, mulai dari tingkat pendidikan S1, S2 sampai dengan S2.  Pemberian beasiswa ini bekerja sama dengan lembaga pendidikan seperti universitas negreri terkemuka di Indonesia dan juga instansi pemerintah. Sejak tahun 2014, ETF telah bekerjasama dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) untuk peningkatan kompetensi para Jaksa melalui program pemberian beasiswa jenjang pendidikan Magister (S2) dan Doktoral (S3). Lebih dari 130 orang yang sudah menerima beasiswa S2 dan S3 dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk lebih mengenalkan Sinar Mas dan ETF kepada penerima beasiswa, terutama penerima beasiswa 2018, maka acara “Pertemuan dan Pembekalan Penerima Beasiswa ETF Tahun 2018” tersebut diadakan.  Gathering yang dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2018 di Plaza Simas Jakarta, dihadiri oleh para penerima beasiswa, baik dari Kejaksaan RI, penerima beasiswa S2 dan S3 serta penerima beasiswa S1 area Jabodetabek.  Acara yang dibuka oleh Bapak G. Sulistiyanto selaku Wakil Ketua Umum ETF, dilanjutkan oleh sambutan oleh Bapak Masyhudi selaku Kepala Kepegawaian Kejaksaan RI.  Disampaikan pula profil ETF oleh Bapak Ardy Candra Sutandi selaku Direktur Eksekutif ETF.

Tampil sebagai nara sumber Bapak Prof. Dr. Moh. Mahfud MD yang memberikan pemaparan : Peranan Penegakan Hukum dalam Memupuk Nasionalisme dan Merawat  NKRI Dengan pengalaman beliau sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara; Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), maka pemaparan tersebut tentu sangat memperkaya wawasan para penerima beasiswa ETF yang hadir.  “Merawat NKRI harus dengan memupuk nasionalisme, dimana kita merasa ikut memiliki dan membela negara kita.  Di sinilah peran penegakan hukum sangat penting dalam menjaga geopolitik dan keragamannya,” jelas Bapak Mahfud MD dalam pemaparannya.  Para Jaksa, sebagai salah satu penerima beasiswa ETF diharapkan dapat berperan aktif dalam penegakan hukum dalam memupuk nasionalisme dan merawat NKRI ini.

Gathering diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berjalan sangat antusias dan foto bersama dengan nara sumber, jajaran manajemen ETF, Dewan Pendidikan ETF dan manajemen pilar usaha Sinar Mas.  Gathering ini akan berlanjut ke beberapa kota lain dalam waktu dekat.