Berita

Dukung Revitalisasi Pendidikan Kejuruan, Sinar Mas Fasilitasi SMK Sosial Media

Kesamaan komitmen dalam mendukung revitalisasi pendidikan kejuruan mempertemukan Eka Tjipta Foundation (ETF) dengan Yayasan Kanisius Semarang, Perkumpulan Strada dan Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal melalui penandatanganan kerja sama Pembukaan dan Pengembangan Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, Konsentrasi Marketing dan Komunikasi Visual (“Sosial Media”) di Jakarta, 18 Desember 2019.

Bagi Sinar Mas kesepakatan yang disaksikan oleh Chief HR Officer Sinar Mas Mining, dan COO PT. Berau Coal ini selaras dengan  Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Nantinya, jurusan baru di SMK Kanisius Ungaran dan SMK Strada 1 Gunung Sahari yang lahir melalui komitmen hari ini, akan meluluskan para Content Creator yang berkesempatan meningkatkan kapasitas keahlian mereka hingga menjadi Digital Markerter atau Sosial Media Specialist di tingkat lebih lanjut.

Swasono Satyo selaku Chief HR Officer Sinar Mas Mining dalam sambutannya mengatakan pentingnya penguasaan sosial media pada hampir di berbagai bidang. Menurutnya, belum semua lembaga di Indonesia siap akan hal ini. “Jika kita tidak segera mengejar ketertinggalan teknologi ini maka lama-lama akan tergerus, termasuk para pengelola industri di Sinar Mas.” Dirinya mencontohkan kemenangan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dan Donald Trump sebagaian adalah karena peran sosial media.

Program ini mendapat dukungan Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) yang berada di bawah Sinar Mas  Energi and Infrastruktur, serta difasilitasi oleh Eka Tjipta Foundation. Bentuknya berupa peningkatan kompetensi teknis dan pengalaman industri para guru, renovasi sarana kelas dan laboratorium komputer, penyediaan peralatan akademik dan praktik yang diperlukan. Selain itu, para profesional di bidang ini juga akan dihadirkan guna memberikan pembelajaran di kelas dan laboratorium. Kombinasi antara dunia pendidikan dan sektor bisnis ini diyakini akan menghasilkan lulusan yang ‘mantap’. Ke depan, para lulusan SMK bidang Sosial Media ini dapat diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan Sinar Mas Mining.

Menurut Satyo, kolaborasi sektor bisnis, pendidikan dan profesional yang berjalan baik akan menghasilkan lulusan yang bisa langsung  terserap kedalam dunia kerja.Kita harus belajar dari Finlandia dan Swiss dimana dunia bisnis dan pendidikan sudah berjalan seiring, di mana calon pencari kerja sudah dipersiapkan sesuai dengan minat dan bakatnya sejak di bangku sekolah sehingga angka pengangguran di negara tersebut kurang dari 1%.”

ETF Peduli Covid-19


    Total Donatur
    2.391 orang

    Terkumpul
    Rp. 2.638.513.000,-

facebook twitter instagram