Featured

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Dukung Usaha UMKM


Artis Yuni Shara (tengah) dan Director Sinar Mas Saleh Husin Managing (kanan) dan Ketua Umum Eka Tjipta Foundation Hong Tjhin (kiri)

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan berbagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi, salah satunya di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya melalui program binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Serang Mills, berupa kreasi bambu Tegal Maja yang turut berpartisipasi dalam acara Tjipta UMKM Fair, diselenggarakan oleh Eka Tjipta Foundation di Sinar Mas Land Plaza Thamrin (28-29 Juli) dalam rangka memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja.

Konsep binaan Tegal Maja kreasi bambu yaitu program pemberdayaan wanita pengembangan kearifan lokal dan lingkungan untuk mensejahterakan ekonomi, menyelaraskan harmoni, ekologi dan ekonomi, serta untuk kebaikan bersama dan masa depan yang lebih baik. “Ini sebenarnya lebih kepada mencari kearifan lokal, kebetulan di Wilayah Desa Tegal Maja Kabupaten Serang sudah ada kreasi bambu yang berdasar cerita zaman dulu bahwa nenek moyangnya memang perajin bambu. Kita mengangkat kearifan lokal dengan mencoba membuat souvenir yang modern, dengan berbagai jenis, seperti tempat tisu, keranjang, rak susun, dan tas serta miniatur lainnya,” ungkap Head of CSR PT. IKPP – Serang Mills, Dani Kusumah. PT IKPP – Serang Mills juga memberikan pelatihan dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat dengan melatih masyarakat untuk pembuatan kerajinan dengan mendatangkan pelatih dari Yayasan Bambu Nusantara, dan memberikan pelatihan dalam bentuk penjualan secara online dari Kantor Pusat di APP Sinar Mas dengan melakukan penjualan produk.

Ketua Kelompok Perajin Rini Purwati menambahkan, awal terbentuknya pemberdayaan wanita dari karyawan yang terkena PHK akibat pandemi COVID-19 pertengahan. Saat itu pihak Desa merangkul para perempuan untuk mengikuti pelatihan anyaman. “Maka terbentuklah tema bambu kreasi yang sudah berjalan selama 1,5 tahun. Dengan jumlah 10 orang ibu rumah tangga yang ikut membuat kreasi kerajinan dan masih aktif hingga sekarang,” ungkapnya.


Kreasi anyaman bambu dari UMKM Desa Tegal Maja, Serang, Banten, binaan IKPP.