Mediasi

ETF Jembatani Pendidikan Vokasi Dengan Sektor Industri

Industri mesti hadir jika menginginkan pendidikan vokasi semakin terhubung dengan mereka. Begitu kata Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF), Hong Tjhin, saat menghadiri peresmian Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6, dan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5, di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (13/9).

Peresmian dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Hong Tjhin mengatakan, pihaknya coba menjembatani agar lulusan pendidikan kejuruan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik industri. “Tidak hanya itu, kami juga berharap para lulusannya menjadi sosok yang humanis, peka sekaligus solutif menyikapi dinamika industri dan masyarakat,” ujarnya.

Donasi Sinar Mas melalui ETF bersama perusahaan lainnya senilai lebih Rp 9 miliar membawa ketiga SMK tersebut dapat melakukan renovasi fisik, pengadaan peralatan pendukung pembelajaran, berikut sinkronisasi kurikulum antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, serta pengembangan kompetensi para guru. “Selain hardware, software (kurikulum), ada aspek mental, disiplin, kerja keras, keuletan, dan keinginan untuk belajar yang menjadi fondasi penting bagi siswa untuk dapat berinovasi. Karena harapan sebuah negara ada pada generasi mudanya, sementara harapan generasi muda adalah pendidikan,” pesannya