Pendidikan

Menyelaraskan Pendidikan Vokasi Dengan Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja.

Pendidikan Vokasi

Pada ranah pendidikan, praktik yang berlangsung berupa bantuan pembangunan gedung sekolah, kampus, berikut sarana dan prasarana pendukungnya, serta penyaluran beasiswa. Tercatat sejak 2007 hingga pengujung 2021, lebih dari 3.400 beasiswa telah tersalurkan kepada masyarakat, di berbagai jenjang pendidikan. Di sentra perkebunan kelapa sawit Sinar Mas yang berlokasi di pelosok negeri, hadir Sekolah Eka Tjipta memenuhi kebutuhan pendidikan dasar dan menengah di sana dengan standar sekolah nasional, secara gratis. Terdapat lebih dari 250 sekolah bagi siswanya yang lazim disebut ‘anak-anak kebun’ di Sumatera, Kalimantan serta Papua, dan secara berkala terus ditingkatkan kapasitasnya.

Sementara revitalisasi sekolah kejuruan digagas untuk membantu memberdayakan pendidikan vokasi di Indonesia. Berawal di tahun 2019, inisiatif bertujuan memperkuat link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja, di sejumlah kota. Wujudnya adalah sinkronisasi kurikulum, pengembangan soft skills dengan project base learning, menghadirkan pengajar dari kalangan industri, praktik kerja industri, sertifikasi kompetensi, kesempatan bagi pengajar untuk belajar di industri, berikut komitmen menyerap para lulusannya.

Guna menyesuaikan proses pembelajaran dengan kompetensi yang dibutuhkan sektor industri, Eka Tjipta Foundation turut merenovasi ruang kelas dan memperbarui peralatan praktikum sesuai dengan spesifikasi industri. Hingga tahun 2021, tercatat sebanyak 6 sekolah menengah kejuruan atau vokasi telah direvitalisasi, dengan lebih dari 400 pelajar merasakan manfaatnya. Antara lain lewat program pendidikan Digital Marketing & Communications, yang lulusannya banyak dibutuhkan saat ini. “Sepak terjang pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja mendukung penghidupan keluarga hingga membuatnya tak sempat merasakan sekolah lanjutan, menjadikan dirinya tak pernah lupa membuka akses yang luas bagi masyarakat guna mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini yang kami lanjutkan hingga sekarang,” ujarnya.

ETF Peduli Covid-19


    Total Donatur
    2.391 orang

    Terkumpul
    Rp. 2.639.428.000,-



facebook twitter instagram