Sekilas Eka Tjipta Foundation

Eka Tjipta Foundation (ETF) merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh keluarga Eka Tjipta Widjaja sebagai wadah pelaksanaaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan bagi seluruh unit usaha dibawah bendera Sinar Mas dalam rangka memberikan tanggapan terhadap persoalan pembangunan sosial kemasyarakatan. Hal tersebut seiring dengan bergairahnya pembangunan sosial kemanusiaan, ekonomi kemasyarakatan, dan lingkungan hidup yang dilakukan oleh berbagai sektor usaha.

Visi ETF tercermin dalam motto: ”menanam kebaikan menuai kesejahteraan” atau “good deeds create good seeds”, secara lebih tegas tertuang dalam maksud dan tujuan ETF adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidup dengan memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia secara berkelanjutan.

Bidang kegiatan yang menjadi perhatian dan fokus utama dalam melakukan pengabdiannya, ETF memiliki 3 (tiga) bidang kegiatan utama, yaitu: Bidang Sosial Kemasyarakatan dan Budaya melalui kegiatan pendidikan, seni budaya, olah raga, kesejahteraan sosial, keagamaan dan kesehatan; Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Ekonomi Masyarakat melalui kegiatan sosial kemitraan usaha kecil menengah serta pertanian terpadu; Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup melalui kegiatan sosial pemberdayaan lingkungan hidup dan konservasi.

Dalam melakukan kegiatan-kegiatannya ETF juga berpedoman kepada makna dari logo yang menyiratkan arti sebagai berikut: gambar dua tangan di kiri dan kanan yang saling berangkulan memiliki arti bahwa ETF ingin merangkul, mengangkat harkat dan melindungi kehidupan lingkungannya. Sedangkan titik titik di tengah lingkaran tangan memvisualisasikan benih-benih kebaikan yang disebarkan ETF. Upaya ETF menebarkan benih kebaikan tidak berhenti di satu titik saja, namun terus dikembangkan sehingga dapat menyebar semakin banyak dan tumbuh semakin besar.

Struktur Organisasi

Badan Pengawas
Ketua: Komjen Pol (Purn) Drs. Didi Widayadi, MBA

Badan Pengurus
Ketua Umum: G. Sulistiyanto
Sekretaris Umum: San Gunawan
Sekretaris: Henly Tandiono
Bendahara Umum: Hendra Jaya Kosasih

Badan Pelaksana
Direktur Eksekutif: Anne Mulya
Manager Finance: Rudi Gunawan
Project Management: Harjono Untung
Program Development: Urip Widodo
Scholarship & Fellowship: Fresia Sugiarto

Video

Photos on flickr

Twitter

Facebook